Sunday, March 20, 2011

Apa itu Refrigerant Hydrocarbon Musicool MC-22???

Mesin Pendingin (AC- Split, AC-Window, Kulkas, Cool Storage dll) adalah merupakan kebutuhan pokok mulai dari kalangan bawah sampai keatas. Karena iklim tropis di Indonesia yang sangat mempengaruhi kebutuhan akan Mesin Pendingin. Dalam Sistem Kinerja Mesin pendingin sangat dipengaruhi oleh bahan pendingin yang dipergunakan dalam masing-masing unit sesuai dengan tipe dan jenis Mesin Pendingin tersebut. Secara umum bahan pendingin terbagi menjadi 2(dua) jenis : Sintetik (R-11, R-12, R-22, R-134a dll) dan Hidrokarbon ( sesuai dengan merek dan jenis bahannya). Bahan pendingin sintetik adalah bahan yang dapat merusak lapisan ozon dan menimbulkan pemanasan global.


Penggunaan peralatan pendingin untuk berbagai keperluan dari waktu kewaktu mengalami peningkatan yang sangat menakjubkan sejalan dengan perkembangan teknologi dan peningkatan kesejahteraan, yang semakin menuntut kualitas hidup yang lebih baik dan lebih nyaman.
Peralatan pendingin yang digunakan tersebut seperti : AC Ruangan, Chiller, Cold Storage, Dispenser, AC- Mobil, dll.

Sebagian besar masih menggunakan bahan pendingin (refrigerant) jenis sintetis (CFC/ HCFC/HFC) yang dikalangan pemakai dikenal dengan nama Freon.
Berdasarkan penelitian sejak tahun 1980-an, ternyata bahwa refrigeran jenis sintetis freon mempunyai banyak kelemahan, yaitu sangat tidak ramah terhadap lingkungan dan memerlukan tenaga listrik yang cukup besar.

Dengan makin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup lebih efisien dan ekonomis, disamping kecintaan kepada lingkungan demi kehidupan anak cucu dimasa datang, maka Sumber Jaya Teknik mencoba menawarkan Program Penghematan Listrik yang sekaligus juga mendukung Program Pelestarian Lingkungan Atmosfer, Iklim Cuaca, dengan menggunakan Refrigeran Alamiah Musicool produk Pertamina, yang ramah lingkungan dan hemat listrik.

Secara makro, dalam kaitan dengan konsumsi tenaga listrik, apabila tidak dilakukan penghematan maka diperkirakan akan menimbulkan krisis energi listrik, yang akan memaksa Pemerintah untuk melakukan langkah tindakan yang akan berpengaruh negatif terhadap dunia usaha maupun kehidupan individu masyarakat, seperti pembatasan pemakaian listrik dan atau menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL). Secara mikro bagi perusahaan Industri, biaya yang dikeluarkan untuk membayar Tenaga Listrik relatif cukup besar, karena Tarif Dasar Listrik (TDL) relatif tinggi dan cenderung terus meningkat. Itulah sebabnya dalam beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah secara intensif melakukan kampanye konservasi energi, diantaranya melalui Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 10 Tahun 2005.
Program Penghematan Listrik dan pelestarian lingkungan yang ditawarkan oleh Sumber Jaya Teknik berupa recovery refrigerant Sintetis Freon dan konversi dengan refrigerant alami MusiCool ( proses penggantian freon dengan musicool ) dengan standart yang ditetapkan oleh Departemen kementerian lingkungan hidup. Refrigerant jenis ini telah banyak digunakan di negara-negara eropa, sedangkan di Indonesia mulai dikenalkan sejak tahun 1998 dan direkomendasikan sebagai bahan pendingin / refrigeran yang paling tepat untuk menggantikan freon. 

Refrigerant musicool adalah bahan pendingin alamiah jenis hidrokarbon yang ramah lingkungan yang merupakan pengganti freon dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bahan pendingin freon yang digantikannya. 
Kelebihan musicool jika dibandingkan dengan bahan pendingin Freon, antara lain : 
- Dapat menurunkan konsumsi tenaga Listrik hingga 15-25% 
- Tidak perlu penggantian/penambahan komponen pada mesin AC 
- Kerja Kompresor menjadi lebih ringan 
- Efek pendinginan lebih baik 
- Ramah Lingkungan. 
Kelebihan-kelebihan dari Refrigerant Musicool tersebut disebabkan oleh sifat fisika dan thermodinamikanya yang lebih baik jika dibandiingkan dengan freon. 

III. KEUNTUNGAN EKONOMIS MENGGUNAKAN REFRIGERAN MUSICOOL 
Berdasarkan pengalaman praktis, maka penghematan tenaga listrik yang diperoleh setelah dilakukan recovery freon dengan musicool berkisar antara 15% s/d 25 % tergantung pada merek AC, umur pemakaian mesin AC, kondisi Mesin AC serta kapasitas Mesin AC, dengan rincian sebagai berikut : 
- Mesin AC dengan Listrik 1 Phase : 15% s/d 25% 
- Mesin AC dengan Listrik 3 Phase : 10% s/d 20% 

Namun secara umum dapat dikemukakan, bahwa recovery Freon dengan musicool dapat menurunkan pemakaian tenaga listrik yang cukup signifikan, sehingga dapat memberikan keuntungan financial yang tidak sedikit bagi pemilik mesin AC , berupa penurunan biaya listrik, sehingga investasi / biaya yang dikeluarkan untuk penggantian Freon tersebut dapat kembali dalam waktu yang relative singkat. Keuntungan lainnya yang diperoleh adalah dapat mengurangi Biaya operasional lainnya, seperti : Maintenance Cost, Replacement Cost dll. 

No comments:

Post a Comment